Minggu, 12 Oktober 2014

PRAKATA

Dengan nama Allah Yang Menciptakan Permulaan dan Yang Memutuskan Akhir Jaman, segala puji dan syukur selalu diucapkan untuk-Nya, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang telah memberikan kekuatan dan nikmat yang tak dapat dihitung satu persatu kepada saya selama ini termasuk dalam penyelesaian kuliah strata satu ini. Tentu dengan peran Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, yang mengajarkan manusia untuk terus berusaha dan beribadah hanya kepada Allah. Semoga kedamaian dan keselamatan dilimpahkan Allah kepadanya.

Setiap orang memberikan peran dan pengaruh yang besar. Begitu besar peran mereka sehingga sulit untuk disebutkan satu persatu. Bukan hal yang mudah untuk membalas setiap kebaikan peran mereka. Oleh sebab itu, dalam prakata ini penyusun mencoba untuk mengabadikan nama mereka dan mengucapkan terimakasih kepada
  1. Orang tua, Bapak Tridadi dan Ibu Siti Sukaptini, yang telah menjadi orang pertama sebagai tempat dalam bercerita keluh-kesah sehingga semangat kembali tumbuh setelahnya. Semoga peran Bapak dan Ibu ini mendapat ridho dari Allah.
  2. Ibu Dwikorita Karnawati dan Bapak Sugeng Sapto Surjono beserta segenap staf sekretaris bidang, staf dosen dan karyawan Jurusan Teknik Geologi yang telah melayani selama kurang lebih 4 tahun dengan sangat baik dan antusias. Semoga kebaikan dan pendidikan yang diberikan dinilai ibadah dan mendapat balasan yang baik oleh Allah.
  3. Bapak Subagyo Pramumijoyo, sebagai dosen perwalian akademik yang terus membimbing dan memberikan motivasi serta saran akademik yang selama 4 tahun. Semoga Bapak terus dapat menjadi teladan bagi civitas akademika kampus ini.
  4. Bapak Agung Setianto, sebagai dosen pembimbing pertama tugas akhir yang menjadi tempat bertukar pemikiran mengenai konsep-konsep penginderaan jauh serta pembimbing dalam beberapa proyek ilmiah. Semoga Bapak senantiasa bersemangat untuk mengembangkan proyek ilmiah yang sudah dibangun dan mendapat apresiasi yang sepadan dengan perjuangan berat Bapak.
  5. Bapak Srijono, sebagai dosen pembimbing kedua yang semula merupakan dosen pembimbing pertama tugas akhir. Terimakasih atas semua motivasi moral yang Bapak berikan selama menggeluti perkuliahan.
  6. Bapak Akmaluddin, sebagai dosen penilai yang memberikan masukan berharga dalam penyusunan draft final naskah saya ini.
  7. Eyang Wartono Rahardjo, yang bukan hanya dosen tetapi juga motivator yang terus menanyakan kabar luar biasa. Pengalaman lapangan bersama Eyang akan terus diingat dan pasti bermanfaat bagi pengabdian nanti.
  8. Mas Atmaja Septa Miyosa, yang berulang kali harus mau ikut menanggung kerepotan teknis penyelesaian tugas akhir ini, termasuk saat pengambilan data lapangan hingga larut sore hari. Semoga dilancarkan dalam mengajar di universitas.
  9. Keluarga Geologi angkatan 2010, khususnya Nadiar Ramadhan, Dimas Pratama Putra serta teman-teman lainnya yang terlalu panjang jika disebutkan satu persatu. Di angkatan ini, semangat tumbuh dalam semak suka duka mulai dari tahap awal masuk kuliah, pengenalan dasar lapangan, setiap kuliah lapangan, kegiatan pemetaan, kuliah kerja nyata, dan semester akhir. Angkatan 2010 menjadikan diri semakin mengerti alasan sebab peran geologis harus ada.
  10. Keluarga Pemetaan Geologi Mandiri 2012: Anggit Anggara Santika, Faisal Arif Permana, Saftyan Yudhanto Kartiko, dan Najibatul Adibah yang memberi peran dalam pembelajaran lapangan. Satu bulan dan satu semester adalah waktu yang cukup untuk mengerti manajemen psikologi lapangan.
  11. Keluarga Cendekia Teknika, khususnya Ahmad Ataka Awwalur Rizqi, Mirza Rahim, Rezha Aditya Maulana Budiman, Anindya Sricandra Prasidya, Ahmad Raditya CB, Irfan Aditya Dharma, Muanisya Sanjaya, Heru Pranoto, Saptiana Mardhiyah, Niqlatun Nafi’ah, Istiqomah Wahyu, Novi Aristia, Isna Uswatun Khasanah, Lani’ah, Atika Nurul Hidayah, Nur Puji Lestari, dan Najibatul Adibah. Juga kepada Jupri Supriadi, Aji N. Pakha, dan Siti Koiromah. Keluarga ini akan selalu diingat sebab di dalamnya ada banyak sekali pesan moral yang tentu membentuk diri ini.
  12. Keluarga Laskar 38 M. Natsir beserta Mas Aditya Alif Pradana dan Mbak Tetty Harahap yang terus mengajak untuk selalu berkontribusi. Semoga karya ini bisa menjadi salah satu bentuk kontribusi itu.
  13. Keluarga Unit KKN BBL-02 (Bangka Belitung), khususnya Faisal Arif Permana, Demas Bayu Handika, Muhammad Abdurahman, Muhamad Rizki Asy’ari, Tubagus Riyadi, Muhlash Hada, Muhammad Rezansyah, Dhimas Ardhi Herizharmas dan teman-teman lain yang telah banyak memberikan gambaran betapa majemuknya hidup orang dan pembelajaran pentingnya apresiasi kepada orang. Tak lupa serta Sub-unit Kurau: Aiman Haidar Shamlan, Sari Dewi Ayuningrum, Sandra Agustina, Haikal Prima Fadholi. Semoga tetap menjadi pembelajar hidup yang tiada henti mengabdi.
  14. Segenap warga Desa Kurau dan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, yang telah memberikan kesempatan untuk belajar mengabdi sehingga menjadi lebih siap dalam pengabdian sesungguhnya.
  15. Keluarga iRCopter THERMAL, khususnya Mirza Rahim, Verdiaz Refikhanata, dan Anindya Sricandra yang telah membantu proyek ilmiah penginderaan jauh berbasis termal. Walaupun banyak hambatan tetapi proyek dapat berhasil dengan baik. Semoga langkah awal ini dapat menjadikan pondasi kuat pengabdian diri kepada negeri.
  16. Keluarga Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG), khususnya Pengurus Harian periode 2011, 2012, dan 2013, yang telah memberikan wadah berekspresi dan berkarya. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai delegasi pada International Geomapping Competition (IGC) 2013. Semoga HMTG terus berada di garis depan dalam berkarya nyata.
  17. Keluarga American Association of Petroleum Geologists Universitas Gadjah Mada Student Chapter (AAPG UGM-SC), yang juga memberikan wadah berekspresi sehingga terbit panduan “How to Make A Research – Series”. AAPG UGM-SC, We are one!
  18. Keluarga Teladan 51 yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Keluarga ini sangat hangat dan nyaman untuk bertukar pikiran positif. Terimakasih atas suntikan semangat dan pengembalian rasa percaya diri untuk mengabdi pada negeri. Semoga masing-masing anggota keluarga ini mampu menjadi agen perubahan yang baik.
  19. Mishary Rashid dengan alunan merdu Qur’an yang membantu untuk menenangkan di saat pikiran sedang kalut dan sesak perasaan. Lantunan Surah Al-Mulk benar-benar menggetarkan hati bagi yang mendengarkan.
  20. Aamir Khan dengan filmnya “3 Idiots” dan “Taare Zameen Par” yang begitu menginspirasi dan membuka sudut pandang baru akan esensi dunia pendidikan dan pengabdian.
  21. Aldo Febriansyah Putra dengan peran sertanya dalam perbaikan dan penyusunan abstract dalam naskah ini serta diskusi-diskusi kritis mengenai tema karya ini.
  22. Ratri Abdatush Sholihah dan Tubagus Riady atas bantuannya dalam pengadaan peralatan pengambilan data lapangan.
  23. Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu, yang pernah bertemu di setiap tempat dan waktu. Semoga semua selalu dalam jalan kebaikan.
Akhirnya, dengan penuh harap, semoga penelitian ini dapat berguna bagi kemajuan bangsa dan pembangunan strategis masa depan negeri. Kritik dan masukan sangat diharapkan untuk memperbaiki setiap lubang kekeliruan.

Yogyakarta, Oktober 2014
Yan Restu Freski

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang sehat